Simak Cara dan Niat Mandi Besar Usai Bersenggama di Malam Ramadhan Hingga Azan Subuh Tiba Menurut Hadits

- Senin, 14 November 2022 | 06:28 WIB
Ilustrasi mandi besar usai bersenggama dengan suami istri saat malam puasa ramadhan (Pixabay.com)
Ilustrasi mandi besar usai bersenggama dengan suami istri saat malam puasa ramadhan (Pixabay.com)

IDJATIM - Saat bulan puasa ramadan tiba, bersenggama dengan suami atau istri diperbolehkan di malam hari, namun tetap wajib mandi besar.

Tapi, bagaimana jika setelah berhubungan intim dengan suami istri atau mimpi basah, kita belum mandi besar hingga azan subuh?

Puasa ramadhan yang wajib dikerjakan bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus sampai waktu maghrib tiba.

Saat menjalankan ibadah puasa ramadhan, kita juga harus menahan hawa nafsu, termasuk dilarang bersenggama dengan suami istri saat sedang berpuasa di siang hari.

Baca Juga: Profil Icha Ceeby Terus Trending di Pencarian Google, IG dan Twitter Usai Video Syur Wanita Kebaya Merah Viral

Dikutip IDJATIM dari berbagai sumber termasuk Hadits dan Al Quran, berikut kami jelaskan cara dan niat mandi besar usai bersenggama di malam ramadhan hingga azan Subuh tiba.

Berhadas Besar Hingga Azan Subuh

Mungkin sebagian orang ada yang masih bingung tentang sah-tidaknya puasa ketika masih dalam keadaan berhadats besar hingga subuh. Tentang hal itu, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa.” (HR. Muslim).

Halaman:

Editor: Moch. Atha’lliah Ibnu Salim

Sumber: Hadits dan Al Quran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Menuju Lokasi Harlah Satu Abad NU dengan Aman

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:35 WIB
X