• Minggu, 4 Desember 2022

Menurut Gus Baha, Berikut Solusi Bagi Orang Yang Terjerat Hutang. Yuk Simak Selengkapnya

- Jumat, 18 November 2022 | 15:28 WIB
Gus Baha @wejangan.gusbaha (Instagram)
Gus Baha @wejangan.gusbaha (Instagram)


IDJATIM - Hai DJATIM Lovers, semua orang pasti pernah dan punya hutang. Dan juga banyak yang mampu dan tidak mampu untuk membayar.

Motivasi orang berutang ada dua, pertama karena kebutuhan dan kedua karena keinginan. Jika karena yang pertama maka wajib bagi orang muslim untuk membantunya.

Tapi jika karena yang kedua, maka tidak wajib. Sebab pada akhirnya itu bisa akan jadi masalah ketika sudah terlilit hutang dan tidak membayar.

Sebab menukil kata Iwan Fals dalam liriknya : keinginan adalah sumber penderitaan. Nah yang karena keinginan bukan karena kebutuhan inilah, yang membuat banyak orang terjebak dalam hutang piutang.

Lantas, bagaimana dengan orang-orang yang terjerat hutang piutang namun tidak mampu membayarnya.

Dilansir dari tayangan di kanal YouTube Santri Gayeng, KH Ahmad Baha Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha.

Kiai NU tersebut memberi penjelasan tentang hutang piutang. Ulama asal Rembang tersebut mengutip sebuah hadits tentang orang mempunyai utang yang banyak dan ingin bertobat, namun tidak mampu membayarnya.

Menurut Gus Baha, solusi dari permasalahan utang yang pertama adalah menjadi orang saleh terlebih dahulu.

"Jadilah kekasih Allah dulu, jadi orang bener dulu. Utangmu sebaiknya dibayar. Namun kalau terpaksa tidak bisa, ya biarkan saja, namanya juga gak mampu. Kalau sampai menjual rumah, anak istrimu mau ke mana?,” Gus Baha menjelaskan.

Alternatif kedua, beliau mengatakan ketika seseorang sudah meninggal, utang itu dilunasi saudara atau anaknya yang masih hidup. Supaya mayit tidak akan membawa utangnya sampai ke akhirat.

Halaman:

Editor: Habibullah.

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X