• Minggu, 4 Desember 2022

Sejarah 20 November Sebagai Hari Anak Sedunia. Berikut Fakta Yang Harus DJATIM Lovers Tau.

- Sabtu, 19 November 2022 | 20:47 WIB
Kolase Anak Di Dunia @tshirttokoh (Instagram)
Kolase Anak Di Dunia @tshirttokoh (Instagram)

IDJATIM - Tiap Tanggal 20 November, orang-orang di seluruh dunia memperingatinya sebagai Hari Anak Sedunia atau World Children's Day.

Berdasarkan sejarah, masyarakat dunia sudah merayakan Hari Anak sudah lebih dari enam dekade lamanya.

Tahun ini Hari Anak Sedunia jatuh pada Minggu, 20 November 2022, dengan tema "Inklusi, Untuk Setiap Anak."

Tema tersebut membawa pesan bahwa setiap anak yang tergabung dalam masyarakat, komunitas, atau kebangsaan mana pun berhak atas hak yang sama.

Setiap anak-anak harus tumbuh dan berkembang  dalam rasa aman dan nyaman, terbebas dari diskriminasi, dan segala bentuk konflik di masyarakat.

Dihimpun IDJATIM dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik dari peringatan Hari Anak Sedunia yang dirayakan setiap 20 November.

1. National Today pernah menuliskan, bahwa Hari Anak Sedunia dimulai pada pekan kedua bulan Juni 1857 oleh Pendeta Dr. Charles Leonard, pendeta dari Universalist Church of the Redeemer di Chelsea, Massachusetts.

2. Padamulanya, nama hari anak sedunia adalah Rose Day, sebagaimana Leonard menamai hari itu. Selanjutnya dinamai Flower Sunday, dan kemudian lagi dinamai Hari Anak.

3. Pada tahun 1920, hari Anak pertama kali secara resmi dinyatakan sebagai hari libur nasional oleh Republik Turki, dengan tanggal yang ditetapkan yaitu 23 April.

Halaman:

Editor: Habibullah.

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X