• Minggu, 4 Desember 2022

Bingung Cara Pindah Siaran TV Digital Setelah Siaran TV Analog Dihentikan, Begini Langkah Panduannya!

- Kamis, 3 November 2022 | 00:57 WIB
Menkominfo akan menghentikan siaran TV analog setelah mengudara selama 60 tahun di Indonesia dan akan mengganti dengan siaran TV digital (Instagram/@kemenkominfo)
Menkominfo akan menghentikan siaran TV analog setelah mengudara selama 60 tahun di Indonesia dan akan mengganti dengan siaran TV digital (Instagram/@kemenkominfo)

IDJATIM - Menkominfo akan menghentikan siaran TV analog setelah mengudara selama 60 tahun di Indonesia dan akan mengganti dengan siaran TV digital selambat-lambatnya tanggal 2 November 2022.

Dikutip IdJatim.com dari laman siarandigital.kominfo.go.id, siaran TV digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih.

Selain itu, siaran TV digital bisa menampilkan suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan menggunakan perangkat bernama set top box (STB).

Baca Juga: Fakta Unik Terselenggaranya G20 Hingga di Indonesia Menjadi Tuan Rumah Yang Kalian Harus Tahu, Simak!

Dalam masa peralihan ke siaran TV digital, masyarakat tetap bisa menonton siaran TV analog, namun sangat dianjurkan untuk mulai beralih ke siaran TV digital.

Jika masyarakat masih bingung bagaimana cara pindah ke siaran TV digital dari siaran TV analog, berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan area tempat tinggal Anda sudah masuk cakupan layanan siaran TV digital.

2. Untuk mengetahuinya, Anda perlu unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play Store atau App Store.

3. Tetap jangan lupa pakai antena biasa atau UHF. Boleh dipasang di luar atau di dalam rumah.

Halaman:

Editor: Moch. Atha’lliah Ibnu Salim

Sumber: kominfo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X