• Minggu, 4 Desember 2022

Berikut Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang TV Digital Setelah Menyuntik Mati TV Analog.

- Minggu, 6 November 2022 | 14:55 WIB
Kolase TV Digital @tvdigitalindonesia (Instagram)
Kolase TV Digital @tvdigitalindonesia (Instagram)

IdJatim.com - Setelah 60 Tahun mengudara, akhirnya TV Analog disuntik mati oleh pemerintah. Penghentian siaran TV Analog ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pemerintah resmi melakukan penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) sejak 2 November 2022 lalu.

Reaksi terhadap peralihan ini tentunya beragam dari masyarakat. Namun apresiasinya juga tentu lebih beragam.

Proses migrasi ini menjadi tanda bahwa sejarah baru industri pertelevisian Indonesia selangkah lebih maju.

Dihimpun IdJatim.com dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik yang perlu kamu tahu tentang TV Digital :

1. Siaran TV digital ini bukan seperti televisi berlangganan. Jadi tidak perlu menyiapkan uang langganan. Sebab bukan layanan video on demand yang berbasis internet, melainkan siaran free to air gratis.

2. Berbasih teknologi, karena TV digital mengaplikaskan teknologi untuk transmisi suara dan data. Sementara TV analog menggunakan teknologi lama yang dirancang untuk suara.

3. Menggunakan sinyal untuk sistem penyiarannya. Beda dengan tv analog yang masih menggunakan siaran yang tertangkap dari antena.

4. Untuk memperoleh kualitas siaran yang baik, TV digital tidak perlu dekat dengan menara pemancar. Tidak seperti TV analog yang harus dekat dengan antena.

Halaman:

Editor: Habibullah.

Tags

Terkini

X